Kocchimuite Tomodachi!
Akhirnya bulan Agustus dan artinya bentar lagi KEMERDEKAAN INDONESIA. Yea...!!!!

Yang siaran kali ni adalah:
- Tokine, and
- Koizumi

Dan topik yang dibahas kemaren adalah:

UPACARA MINUM TEH

Jadi, kalau di Jepang itu ada salah satu budayanya yang bernama Upacara Minum Teh, (entah kenapa harus teh nggak kopi atau susu) dulu namanya disebut Chato atau Cha no Yu dan biasanya diadainnya di ruangan yang namanya itu nodate. Dan yang menyiapkan juga bukan sembarang orang tapi orang yang mendalami upacara minum teh jadi istilahnya kaya ahlinya lah dan dinikmatinya biasanya oleh sekelompok tamu dan diadainnya di ruangan yang khusus untuk minum teh namanya chasitsu.

Kata Wikipedia.com :

"Upacara minum teh mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup antara lain tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni di dalam ruangan upacara minum the (Chasitsu) dan berbagai pengetahuan seni secara umum yang bergantung pada aliran upacara minum teh yang dianut. Seni upacara minum teh memerlukan pendalaman selama bertahun-tahun dengan penyempurnaan yang berlangsung seumur hidup. Tamu yang diundang secara formal untuk upacara minum teh juga harus mempelajari tata krama, kebiasaan, basa-basi, etiket meminum teh dan menikmati makanan kecil yang dihidangkan."



Mengenai tehnya biasanya yang dipakai itu Matcha, teh bubuk yang dibuat dari teh hijau yang digiling hingga halus (jadi keingetan obat puyer, haha!). Namanya juga beda-beda nih, kalau teh ynag digunakan jenis Matcha namanya Matchado tapi kalau jenis tehnya Sencha namanya Senchado (Jadi kalo naman tehnya Bo jadinya Bodo. Kidding!)


Dalam percakapan sehari-hari di Jepang, upacara minum teh cukup disebut sebagai ocha (teh). Istilah ocha no keiko bisa berarti belajar mempraktekkan tata krama penyajian teh atau belajar etiket sebagai tamu dalam upacara minum teh.

Pak SBY lagi minum teh ala Jepang (sejenis menikmati upacara minum teh tapi bukan di Chasitsu)

Itu tadi infonya tomodachi, sekarang ke-chart yo!

ORICON SINGLE WEEKLY CHART, 3 August 2009

1. EXILE - ~The Hurricane~ Fireworks

2. Yuma Nakayama w/BI Shadow, NYC Boys - Akuma no koi/NYC

3. Aya Hirano - Super Driver

4. Friends & Hexagon All Stars - Naitemo ii desu ka?

5. Idoling! - Mojouken Koufuku

6. Kobukuro - Stay

7. Cali ≠ Gari - 9 (To-Hen-)

8. Ikimonogakari - Hotaru no hikari

9. Aiuchi Rina - Story/Summer Light

10. Koda Kumi - 3 Splash

Kali ini yang juaranya Exile, keren nih apalagi PVnya terus anak-anak Johnny's masih ada nih di posisi dua dan koda kumi masih sama kaya minggu lalu nih (Bagus!).


Sekian ya, semoga bermanfaat dan dipahami dengan baik.
Bye Bye~

------------------------------------------------------------------------------------
PENGUMUMAN!


Workshopnya kemaren berhasil sukses peserta yang datang juga membludak, pokoknya seru deh, peserta dan panitianya sama-sama antusias.

Semoga aja ntar bisa dibikin lagi Workshop season 2 nya. Amien.

Terima kasih juga buata yang udah datang baik itu peserta maupun panitia serta pihask-pihak yang telah mau bekerjasama sehingga acara ini bisa dilangsungkan.

Dan yang sangat disayangkan, piku-pikunya lupa minta sama seksi dokumentasi jadi ngga bisa dipasang untuk saat ini. Pokoknya piku2nya coming soon ya!

Okay! Enak toh! Mak nyoss toh! Asik toh! HAHAHAHAHAHA!

0 Responses so far.

Post a Comment