Konnichi wa minnasan,

Yang siaran minggu ini ada:
- Bioz, and
- Sora

Terus info yang dibahas kemaren adalah:

PENGARUH KOMIK JEPANG TERHADAP KOMIK INDONESIA

Sebelum kita ngebahas pengaruhnya boleh donk ngebahas dikit tentang sejarah komik Indonesia karena sebelumnya kita udah ngebahas Manga and sejarahnya jadi sekarang yang Indonesianya lagi.

Komik Indonesia itu pada awalnya dibagi jadi dua kategori yaitu komik strip (4 kolom) dan buku komik. Slah satu contoh komik strip Indonesia Mentjcari Poetri Hidjaoe.
Dan di tengah-tengah membanjirnya komik-kimik asing, saat itu pada tahun 1940-1950an, karena banyaknya bermunculan tokoh-tokoh pahlawan kaya Superman misalnya, maka para komikus Indonesia pada kala itu banyak yang juga membuat komik dengan tokoh-tokoh pahlawan.

Bapak komik Indonesia (R.A Kosasih) juga mengawali kakirnya dengan mengimitasi tokoh Wonder Woman yang di Indonesia dikenal dengan Sri Asih.
Meskipun begitu tetap saja ada Pro dan Kontra, dan karena itu komikus-komikus Indonesia pada kala itu mencari hal-hal baru yang hasilnya terpilihlah cerita-cerita tradisional misalnya dari wayang Sunda atau Jawa.

Dan pada masa 1990-2000an, kan sudah bantak teknologi baru tuh kaya internet dan banyak deh, jadinya persaingan pun makin ketat dan para komikus Indonesia ternyata masih kalah populer.

Selain itu komik Indonesia juga dibagi beberapa aliran seperti aliran Amerika dan Jepang.

Tapi dari situ munculjuga Komik-komik Indie yang pendistribusiannya bisa melalui pameran komik, berjualan di pinggir jalan, atau barter antar-komikus.

Mengenai pengaruhnya, siapa sangka dari banyaknya orang Jepang yang biasanya bertamasya ke Indonesia yang beberapa dari mereka adalah Manga-ka, ada beberapa juga dari karya mereka mengenai entah itu pengalaman atau sekedar cerita fiksi mengenai Indonesia, contohnya ada: Osanpo Daiou karya Sudo Masumi, Muteki no Bali karya MANOTONOMA, dan Odoru Shima no Hiru to Yoru karya Fukaya Akira.

crocodile Pictures, Images and Photos

Baguslah ternyata Indonesia juga punya nilai plus di mata orang asing. Hebat!!!

Terus ada juga beberapa strategi dari para komikus Indonesia agar komik mereka laku di pasaran karena melihat banyaknya komik-komik Jepang yang beredar serta laku keras di Indonesia. Komikus Indonesia nggak boleh kalahdong di rumah sendiri!

1. Dari pengakuan Esvandiari, dia membuat komik dengan art maupun isi ceritanya mirip komik Jepang meskipun tidak seratus persen.

2. Dari Callista yang menambahkan nama Jepang pada akhir namanya, dari Calista menjadi Callista Takarai, katanya ini semata-mata permintaan penerbit agar komiknya laku di pasaran.

Yah, itu tadi info minggu ini sedangkan untuk tangga lagu, ini dia:

ORICON WEEKLY CHART RANKING 27 JULY 2009

1. Yuma Nakayama w/BI Shadow, NYC Boys - Akuma no Koi/NYC

2. Friends and Hexagon All Stars - Naitemo ii desu ka?

3. Kobukuro -Stay

4. Remioromen - Starting Over

5. Ikimonogakari - Kotaru no Hikari

6. Breakerz - Hikari

7. Suga Shikao - Party People

8. Nakagawa Syouko - Kokoro no Antena

9. Super Stomper - 10 feet

10. Koda Kumi - 3 Splash

--------------------------------------------------------------------

PENGUMUMAN!!!

minggu tanggal 2 Agustus 2009 di Gedung Serba Guna UNLAM bakalan ada WORKSHOP HOW TO DRAW MANGA : BASIC DRAWING.

HTM : 35rb

Materi ada 3:

Manga Drawing by Machiko Manga School
Photoshop by IPTEC Bjm
Coreldraw by BTC

Cepetan Pesan!

CP : Arip 08170876230

NB : Brosur dan Pamflet bisa ditemukan di kota BJM dan Sekitarnya.


Okay!

1 Response so far.

  1. Meg Kecil says:

    lupa teros mo dengerin Jsun Cafe T___T

Post a Comment